D3 Keperawatan

SEJARAH

Program Studi Ilmu Keperawatan STIKES Muhammadiyah Samarinda didirikan dan mulai menerima mahasiswa angkatan pertama pada bulan September tahun 2009. Program studi ini merupakan pengembangan dari Akademi Keperawatan Muhammadiyah Samarinda yang telah berdiri sejak tahun 1996 dan berubah nama menjadi STIKES Muhammadiyah Samarinda pada tahun 2009. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Muhammadiyah Samarinda yang terletak di jalan IR. H. Juanda No. 15 Samarinda, didirikan pada tahun 2009 yang mana merupakan penggabungan antara Akademi Keperawatan (AKPER) Muhammadiyah Samarinda dan Akademi Kesehatan Lingkungan (AKL) Muhammadiyah Samarinda berdasarkan pada SK Mendiknas RI Nomor 143/D/O/2009 tanggal 1 September 2009.

Tanggal 5 Agustus 2011 Program Studi Keperawatan jenjang strata satu (S1) akademik mendapatkan SK ijin perpanjangan dengan Nomor SK 8264/D/T/K-XI/2011 dan pada tahun itu juga (2011) Program Studi Ilmu Keperawatan jenjang Strata satu (S1) mendapatkan nilai akreditasi C. Pada tahun 2016 Program Studi Ilmu Keperawatan jenjang Strata satu (S1) mendapatkan nilai akreditasi B. Kemudian pada Tahun 2014 mulai berdiri Program Profesi Ners berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI pada tanggal 5 Maret 2014 dengan Nomor SK 039/P/2014. Dan pada Tahun 2016 pula, program profesi ners mendapatkan nilai akreditasi B

Bulan September 2017 Program studi Ilmu Keperawatan yang terdiri atas Prodi S1 Keperawatan dan Program Profesi Ners yang telah terakreditasi B, berada dibawah naungan Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur.

PROFIL LULUSAN

Lulusan Program Studi Ilmu Keperawatan diharapkan menjadi Profesional Care Provider (pemberi asuhan keperawatan), dengan mampu menjadi communicator,educator, health promoter, manager dan leader dan researcher yang memiliki perilaku Islami.

Prodi Ilmu Keperawatan akan menempuh jenjang pendidikan selama 5 (lima) tahun dimana program Sarjana keperawatan (S.Kep) dilaksanakan selama 4 (empat) tahun dan program Profesi Ners (Ns) dilaksanakan selama 1 (satu) tahun.

VISI

Pada tahun 2027, Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur menjadi program studi Islami berbasis teknologi informasi yang menghasilkan lulusan kompetitif unggul dibidang kegawatdaruratan serta berkontribusi terhadap masalah sosial dan lingkungan.

MISI

Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur mengemban misi:

  1. Menyelenggarakan pendidikan keperawatan yang Islami berbasis teknologi informasi yang peka terhadap kesehatan di Masyarakat
  2. Mengembangkan riset dibidang keperawatan dengan prioritas masalah sosial khususnya kegawatdaruratan dan bencana untuk berkonstribusi dalam mengatasi masalah sosial dan lingkungan
  3. Menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi keperawatan dalam bentuk pengabdian masyarakat untuk menjadi solusi masalah sosial dan lingkungan
  4. Mengembangkan kerjasama di bidang keperawatan dengan berbagai pihak yang saling menguntungkan baik di dalam ataupun luar negeri

TUJUAN

  1. Menghasilkan lulusan tenaga keperawatan yang berkarakter, berwawasan dan berkemajuan yang berpijak pada nilai-nilai keislaman dan mampu memanfaatkan teknologi informasi yang berkontribusi terhadap pembangunan dan menjadi solusi masalah sosial dan lingkungan
  2. Menghasilkan produk penelitian IPTEKS keperawatan yang berbasis teknologi informasi dan ramah lingkungan.
  3. Melaksanakan pengabdian masyarakat untuk menjadi solusi masalah sosial khususnya penganguran, kemiskinan dan lingkungan.
  4. Menghasilkan kerjasama dalam bidang tri dharma PT yang produktif dan saling menguntungkan baik dalam dan luar negeri.

FASILITAS/LABORATORIUM

Prodi Keperawatan memiliki Mini Hospital yang terletak di Gedung D Kampus 1 Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur, merupakan sarana yang digunakan bagi mahasiswa keperawatan untuk menambah keterampilan klinik yang terdiri atas :

  1. Laboratorium Dasar Keperawatan dan Keperawatan Dasar
  2. Laboratorium Keperawatan Medikal Bedah
  3. Laboratorium Keperawatan Maternitas
  4. Laboratorium Keperawatan Anak
  5. Laboratorium Keperawatan Komunitas
  6. Laboratorium Keperawatan Jiwa
  7. Laboratorium Keperawatan Gawat Darurat

Lahan Praktik Mahasiswa Prodi Ilmu Keperawatan adalah Rumah Sakit Umum di Samarinda, Tenggarong dan Bontang, Rumah Sakit Jiwa, Panti Sosial Tresna Wredha, Klinik dan Puskesmas yang ada di Samarinda.

Pimpinan Program Studi Ilmu Keperawatan

Ketua Program Studi Ilmu Keperawatan

Nama                                     : Ns. Dwi Rahmah Fitriani, M.Kep
NIDN                                      : 1119097601
Kompetensi keahlian         : Keperawatan Jiwa

Sekretaris Program Akademik S1 Keperawatan

Nama                                     : Rusni Masnina, S.Kp., MPH
NIDN                                      : 1114027401
Kompetensi keahlian         : Keperawatan Dasar dan Promosi Kesehatan

Sekretaris Program Profesi Ners

Nama                                     : Ns. Siti Khoiroh Muflihatin, S.Pd., M.Kep
NIDN                                      : 1115017703
Kompetensi keahlian         : Keperawatan Medikal Bedah