S1 Pendidikan Bahasa Inggris

Visi

Pada tahun 2037 menjadi pusat pendidikan, pengkajian, dan pengembangan pendidikan bahasa inggris yang unggul berbasis teknologi informasi yang menghasilkan tenaga pendidik yang berkarakter, berkemajuan, berawawasan kependidikan dan keislaman serta berkontribusi terhadap masalah sosial dan lingkungan

Misi

  1. Menyelenggarakan program pendidikan dan pengajaran secara Islami dan professional dalam bidang kependidikan dan Pendidikan bahasa Inggris yang berbasis teknologi informasi,
  2. Melaksanakan penelitian terapan yang menunjang pengembangan kependidikan dan pendidikan bahasa inggris,
  3. Melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat secara edukatif, konsisten dan terprogram untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat,
  4. Menjalin kerjasama dengan lembaga pemerintah dan swasta dalam bidang kependidikan pendidikan Bahasa Inggris yang berbabis teknologi informasi dan,
  5. Memberikan layanan kepada masyarakat luas dalam bentuk layanan kebahasaan, tes kemampuan dan kemahiran Bahasa Inggris, pengembangan profesi kependidikan, dan pelatihan keterampilan berbahasa Inggris yang berbasis teknologi informasi.

Profil

Dalam perjalanan pengabdiannya mendidik generasi bangsa, program studi Pendidikan Bahasa Inggris UMKT telah menerapkan materi kuliah yang berbasis teknologi yang memiliki kompetensi dimana diselaraskan dengan kebutuhan dunia kerja saat ini sehingga lulusan yang dihasilkan akan banyak diserap oleh para stakeholder di instansi pemerintah maupun pihak swasta yang berada di dalam maupun luar negeri. Adapun beberapa bidang yang dapat ditekuni seorang sarjana Pendidikan Bahasa Inggris cukup beragam, antara lain:

  • Pendidik dalam Bahasa Inggris yang berperan dalam dunia pendidikan seperti guru bahasa inggris yang memiliki wawasan serta menguasai pendekatan, metode, dan teknik pengajaran bahasa serta mampu mengaplikasikannya dalam kegiatan belajar-mengajar yang terintegrasi dengan teknologi.
  • Penerjemah yang terampil menerjemahkan dalam bentuk teks maupun lisan (interpreter)
  • Penyedia layanan bahasa Inggris untuk keperluan bisnis contohnya seperti pembelajaran non formal (kursus bahasa) yang memiliki pengetahuan lebih mengenai perencanaan serta pelaksaannya.
  • Peneliti dalam bidang bahasa inggris yang memahami secara mendalam langkah-langkah penelitian serta terampil menulis artikel hasil penelitian.
  • Pengembang perangkat penilaian yang mampu merancang serta terampil mengembangkan media pembelajaran berbasis teknologi yang saat ini dibutuhkan oleh sekolah maupun perusahaan yang bergerak dalam dunia bisnis Pendidikan.

 

Fasilitas Lab/Praktikum

  1. Laboratorium Bahasa
  2. Laboratorium Listening
  3. Ruang Microteaching

Pengelola

Ketua Program Studi
Yeny Prastiwi, Ph.D.

Sekretaris Program Studi
Rani Herning Puspita,S.Hum.,M.Hum.

Kepala Laboratorium
Dzul Rachman, S.Pd., M.Pd.

===
Informasi lebih lengkap, mari kunjungi website berikut:

  1. Website Program Studi: http://pbi.umkt.ac.id/
  2. Website Fakultas Ilmu Pendidikan: http://fip.umkt.ac.id/