S1 Pendidikan Olahraga

VISI

Pada tahun 2037 menjadi pendidikan, pengkajian, dan pengembangan Pendidikan Olahraga yang unggul berbasis Teknologi Informasi yang menghasilkan tenaga pendidik yang berkarakter, berkemajuan, berwawasan kependidikan dan berkepribadian islami serta mampu berkontribusi terhadap masalah sosial dan lingkungan.

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan akademik yang islami berbasis teknologi informasi dan teknologi keolahragaan terkini untuk menghasilkan lulusan yang inovatif, kreatif, berkualitas dan berdaya saing.
  2. Melaksanakan riset dan pengembangan di bidang pendidikan olahraga yang bermanfaat bagi dunia pendidikan, khususnya pendidikan olahraga dan masyarakat..
  3. Menerapkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni dalam bidang keolahragaan untuk meningkatkan kualitas pendidikan olahraga dan kesejahteraan masyarakat.
  4. Melaksanakan kerjasama dalam bidang keolahragaan dengan berbagai pihak baik di dalam ataupun luar negeri untuk mewujudkan program studi pendidikan olahraga bertaraf internasional.

TUJUAN

  1. Meningkatkan kualitas pendidikan untuk menghasilkan lulusan sarjana yang berakhlak mulia, berkarakter islami serta memiliki wawasan dan kinerja yang handal dalam bidang olahraga.
  2. Mengembangkan proses pendidikan melalui perkuliahan berbasis IT based paperless university dan perkuliahan berbasis android untuk menunjang proses perkuliahan.
  3. Meningkatkan potensi mahasiswa dengan memfasilitasi berbagai bentuk kegiatan akademik dan non akademik seperti pengembangan diri melalui pelatihan dan penataran.
  4. Menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan teknologi serta hasil penelitian keolahragaan dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan wawasan masyarakat.
  5. Meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui program pengabdian kepada masyarakat.
  6. Meningkatkan sumber daya, pengetahuan, wawasan, karakter dan kemampuan dalam pelaksanaan program studi dan kerjasama yang saling menguntungkan.

PROFIL

Pendidikan Olahraga UMKT adalah salah satu Program Studi Sarjana Strata 1 yang dimiliki oleh Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur dibawah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Program Studi Pendidikan Olahraga UMKT disetujui dan diresmikan bersama 10 Program Studi baru lainya pada tanggal 28 Agustus 2017 dengan no SK pendirian 463/KPT/I/2017. Bidang yang dapat ditekuni seorang sarjana Pendidikan Olahraga cukup beragam, antara lain:

  1. Sarjana pendidikan olahraga (guru olahraga)
  2. Atlet, Pembina, Pelatih dan Wasit juri cabang olahraga
  3. Wirausaha bidang olahraga
  4. Asisten Peneliti dibidang Olahraga
  5. Terapis/masseur
  6. Instruktur kebugaran dan olahraga serta outbound
  7. Widyaisywara dan tutor pendidikan olahraga

FASILITAS LAB/PRAKTIKUM

  1. Laboratorium Anatomi dan Fisiologi
  2. Laboratorium Kebugaran
  3. Laboratorium Microteaching
  4. Laboratorium Komputer
  5. Laboratorium Bahasa

PENGELOLA

Ketua Program Studi

Nama : Januar Abdilah Santoso., S.Pd., M.Or.
NIDN :  1110019101
Kompetensi Keahlian : Kepelatihan Olahraga

Sekretaris Program Studi

Nama : Galih Priyambada., S.Pd., M.Pd.
NIDN :  1131089003
Kompetensi Keahlian : Pendidikan Jasmani