S1 Psikologi

SEJARAH

Program Studi Psikologi Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur didirikan pada tahun 2017. Berdasarkan Surat Keputusan Menristek Dikti RI Nomor 463/KPT/I/2017 program studi Psikologi merupakan program studi baru di bawah naungan Universitas Muhammadiyah Kalimanta Timur yang merupakan penyatuan antara Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Muhammadiyah Samarinda dan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Muhammadiyah Samarinda.

Saat ini program studi Psikologi Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur bergabung dengan prodi Hubungan Internasional, Hukum, dan Manajemen dalam naungan Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora. Program studi Psikologi dimotori oleh Prof. Dr. M. Wahyuddin, M.S. sebagai Dekan Fakultas Sosial dan Humaniora dan Prof. Bambang Setiaji, M.S. sebagai Ketua Program Studi Psikologi. Tidak hanya itu, demi membangun Program Studi Psikologi menjadi Program Studi yang dapat berkompetisi dengan Univeritas lain prodi ini juga menggait Staf Ahli yaitu Dr. Nisa Rachmah Nur Anganthi, M.Si., Psikolog. Turut pula empat dosen membantu dalam penyelenggaraan prodi psikologi yang kompeten di berbagai bidang, diantarnya:

1.Dewi Kamaratih, S.Psi., M.Psi., Psikolog (Psikologi Pendidikan)

2.Hamka, S.Psi., M.Psi., Psikolog (Psikologi Pendidikan)

3.Karina Putri Alamanda, S.Psi., M.Psi., Psikolog (Psikologi Industri)

4.Tri Astuti, S.Psi., M.Psi., Psikolog (Psikologi Industri)

Profil Lulusan

Profil lulusan psikologi merupakan pribadi islami yang berintegritas, profesional, dan berjiwa melayani di berbagai bidang sebagai pendamping psikolog yang memiliki kompetensi melakukan asesmen baik individu, kelompok, dan komunitas.

Profil lulusan psikologi merupakan penggiat sumber daya insani yang mampu melakukan analisis kebutuhan pekerjaan, penilaian kinerja dan proses penyeleksian tenaga kerja, serta memahami Undang-Undang Ketenagakerjaan.

Profil lulusan psikologi terampil dalam merancang dan memfasilitasi pengembangan komunitas berbasis analisis kebutuhan, prevensi, dan promosi, serta intervensi komunitas sesuai dengan perkembangan teknologi.

VISI

Tahun 2037, program studi psikologi menjadi penyelenggara pendidikan yang unggul di Kalimantan berlandaskan nilai-nilai Islam, berbasis teknologi informasi, dan berkontribusi terhadap solusi permasalahan sosial dan lingkungan.

MISI

  1. Menyelenggarakan proses pendidikan dan pengajaran di bidang psikologi berlandaskan nilai-nilai islam yang berbasis teknologi informasi.
  2. Mengembangkan riset di bidang psikologi yang berorientasi pada isu-isu pengangguran, kemiskinan, dan lingkungan.
  3. Melakukan pengabdian masyarakat melalui pusat layanan psikologi yang berorientasi pada pengentasan permasalahan pengangguran, kemiskinan, dan lingkungan.
  4. Menjalin kerja sama dalam bidang psikologi dengan berbagai pihak di lingkup nasional dan internasional.

 

NILAI-NILAI LUHUR PRODI

  1. Menjunjung teguh nilai-nilai islami dan pengembangan karakter civitas akademika dalam membangun program studi dan memberikan pelayanan bagi pemangku kepentingan (Integritas).
  2. Mengedepankan keahlian dan keterampilan yang berdasar pada peraturan dan kode etik psikologi dalam menjalankan tri dharma perguruan tinggi (Profesional).
  3. Melandasi aktivitas dengan semangat pelayanan bagi seluruh pemangku kepentingan di segala bidang (Berjiwa Melayani).

TUJUAN

  1. Menghasilkan sarjana psikologi yang berkarakter islami, menguasai, dan terampil mengaplikasikan konsep-konsep psikologi secara profesional.
  2. Meningkatkan potensi sumber daya insani di bidang akademik dan tata kelola program studi yang berbasis teknologi informasi dan keislaman.
  3. Memanfaatkan hasil penelitian untuk menyelesaikan permasalahan pengangguran, kemiskinan, dan lingkungan.
  4. Memfasilitasi masyarakat melalui layanan psikologi dalam menyelesaikan permasalahan pengangguran, kemiskinan, dan lingkungan sejalan dengan perkembangan teknologi.