S1 Teknik Informatika

VISI

Pada tahun 2037, Teknik Informatika UMKT menjadi pusat pendidikan dan pengembangan IPTEK khususnya di wilayah bagian tengah Indonesia terkait bidan teknik informatika yang  berorientasi lingkungan serta sesuai dengan nilai-nilai Islam.

MISI

  1. Menyediakan tenaga pendidik yang merupakan lulusan perguruan tinggi bereputasi baik dari dalam dan luar negeri.
  2. Menyelenggarakan pembelajaran secara profesional, inovatif, serta mengedepankan pendekatan humanis dan akhlak islami.
  3. Mendidik mahasiswa menjadi sarjana teknik informatika yang profesional di bidangnya,  bersikap independen, menunjang moralitas, dan berkarakter keislaman.

PROFIL

Dalam perjalanan pengabdiannya mendidik generasi bangsa supaya menjadi insan yang memiliki intelektual tinggi, kemandirian dan berwawasan luas, Program Studi Teknik Informatika UMKT telah menerapkan materi kuliah yang memiliki kompetensi yang diselaraskan dengan kebutuhan pasar tenaga kerja sehingga outcome yang dihasilkan akan banyak diserap oleh perusahaan-perusahaan di Indonesia. Bidang yang dapat ditekuni seorang sarjana Teknik Informatika cukup beragam, antara lain:

Software Engineer
Berperan dalam pengembangan perangkat lunak untuk berbagai keperluan. Misalnya perangkat lunak untuk pendidikan, telekomunikasi, bisnis, hiburan dan lain-lain, termasuk perangkat lunak untuk model dan simulasi.

System
Analyst dan System Integrator Berperan dalam melakukan analisis terhadap sistem dalam suatu instansi atau perusahaan dan membuat solusi yang integratif dengan memanfaatkan perangkat lunak.

Konsultan IT
Berperan dalam perencanaan dan pengevaluasian penerapan IT pada sebuah organisasi.

Database Engineer / Database Administrator
Berperan dalam perancangan dan pemeliharaan basis data (termasuk data warehouse) untuk suatu instansi atau perusahaan.

Web Engineer / Web Administrator
Bertugas merancang dan membangun website beserta berbagai layanan dan fasilitas berjalan di atasnya. Ia juga bertugas melakukan pemeliharaan untuk website tersebut dan mengembangkannya.

Computer Network / Data Communication Engineer
Bertugas merancang arsitektur jaringan, serta melakukan perawatan dan pen­gelolaan jaringan dalam suatu instansi atau perusahaan.

Programmer
Baik sebagai system programmer atau application developer, sarjana informa­tika sangat dibutuhkan di berbagai bidang, misalnya bidang perbankan, teleko­munikasi, industri IT, media, instansi pemerintah, dan lain-lain.

Software Tester
Terkait dengan ukuran perangkat lunak, sarjana informatika dapat juga berperan khusus sebagai penguji perangkat lunak yang bertanggung jawab atas kebenar-an fungsi dari sebuah perangkat lunak.

Game Developer
Dengan berbagai bekal keinformatikaan yang diperolehnya termasuk computer graphic, human computer interaction, dll, seorang sarjana informatika juga dapat berperan sebagai pengembang perangkat lunak untuk multimedia game.

Intelligent System Developer
Dengan berbagai teknik artificial intelligence yang dipelajarinya, seorang sarjana informatika juga dapat berperan sebagai pengembang perangkat lunak yang intelejen seperti sistem pakar, image recognizer, prediction system, data miner, dll.

Selain bidang-bidang profesional di atas, sarjana Teknik Informatikajuga dapat bekerja di bidang lainnya. Misalnya di bidang pendidikan atau dalam bidang keilmuan dengan menjadi peneliti di lembaga-lembaga penelitian seperti di LIPI, BPPT, dan Badan Penelitian dan Pengembangan di perusahaan.