S1 Teknik Mesin

Visi

Pada tahun 2037 menjadi pusat unggulan pendidikan tinggi teknik mesin yang islami berbasis teknologi informasi (paperless) serta berkontribusi terhadap masalah sosial dan lingkungan.

Misi

  1. Mendidik mahasiswa/I untuk menjadi sarjana teknik mesin yang profesional di bidangnya, bersikap independen, menunjang moralitas, berkarakter keislaman serta mengembangkan kemampuan hard skills dan soft skills bagi seluruh civitas akademika.

  2. Mengembangkan keilmuan dan penelitian di bidang teknik mesin berbasis potensi kearifan lokal serta memberikan dampak positif bagi lingkungan.

  3. Melakukan pengabdian masyarakat yang mampu memberikan solusi masalah sosial khususnya pengangguran dan kemiskinan serta lingkungan.

  4. Menyelenggarakan manajemen organisasi dan administrasi pendidikan yang berbasis teknologi informasi (paperless) secara efektif, efisien, akuntabel dan berkelanjutan.

Tujuan

  1. Menghasilkan sarjana teknik mesin yang menguasai teknologi informasi serta profesional di bidang konversi energi, desain struktur, rekayasa material, teknologi manufaktur yang berwawasan global, berjiwa technopreneur dan berkarakter islami.

  2. Meningkatnya kemampuan dan produktifitas dosen dalam melakukan penulisan ilmiah melalui kegiatan seminar, penelitian dan pengabdian pada masyarakat.

  3. Baik dosen dan mahasiswa dapat menghasilkan karya dan teknologi tepat guna yang unggul serta bermanfaat bagi masyarakat dan ramah lingkungan dari hasil penelitian berbasis potensi lokal.

Profil

Teknik Mesin merupakan salah satu dari 10 (sepuluh) program studi baru yang dimiliki oleh Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur (UMKT). Didirikan bersama pada tanggal 28 Agustus 2017, melalui Surat Keputusan MENRISTEKDIKTI Nomor 463/KPT/I/2017. Perkembangan dunia yang sangat dinamis  mengharuskan semua instansi responsif terhadap perubahan-perubahan yang terjadi, pun demikian dengan Program Studi Teknik Mesin UMKT. Dalam merintis Program Studi baru tentunya banyak tantangan yang harus dihadapi seperti pengajuan status akreditasi dalam waktu 2 (dua) tahun yang sudah cukup dengan dokumentasi kegiatan sebagai data instrument/borang akreditasi, pengadaan alat-alat laboratorium dan melengkapi fasilitas-fasilitas penunjang akademik serta menjalin kerjasama yang menguntungkan dengan instansi lain baik dalam dan luar negeri. UMKT berkomitmen untuk mencetak sarjana-sarjana islami, terampil di bidang yang relevan, berwawasan, berkarakter, berdaya saing serta memberikan kontribusi positif bagi masyarakat sosial dan lingkungan.

Fasilitas Lab/Praktikum

  • Lab. Komputer (AutoCAD, Solidworks, CATIA)

  • Lab. Proses Manufaktur*

  • Lab. Material*

  • Lab. Konversi Energi*

*) dalam proses pengadaan